Home Tips & Trick Mengatasi Head Unit Error

Mengatasi Head Unit Error

607
0
SHARE

CalyaSigraClub.com – Bagaimana mengatasi Head Unit error ? Mari kita simak artikel dari teman-teman Calsic Bogor Raya berikut ini.

Kehadiran Perangkat audio dan video mobil, menjadi hal yang menyenangkan saat liburan, Apalagi jika sistem audio mobil, sudah dilengkapi dengan head unit mobil, DVD dan TV headrest monitor, serta GPS.

Penumpang depan bisa menikmati suguhan musik dan peta perjalan.Sedangkan anak anak dibelakang tetap asyik menonton filem kesukaanya.Perjalan panjang yang memakan waktu lebih dari 10 jam,tidak melelahkan karena suguhan film animasi dan mendengarkan musik kesukaan anda. Hanya saja dengan panjangnya perjalan,maka sistem audio mobil pun bekerja dengan durasi lebih lama. dibanding pemakaian harian di perkotaan.

Padahal di sistem audio mobil,terdapat komponent elektronika dan instalasi.Otomatis mungkin saja mengalami proses penurunan kualitas atau bahakan rusak ditengah perjalan. Banyak hal pemicu kerusakan. Mulai lemahnya produk komponent instalasi bahkan tak jarang akibat cara pakai yang kurang tepat.Tapi tak semua masalah audio mobil harus berakhir dibengkel instalatur audio. Untuk beberapa kasus ringan,bisa diselesaikan sendiri.Nah apa saja problem ringan yang kerap dihadapi jika Head Unit error.

Dan bagaimana solusinya? Baca beberapa Tips panduan untuk mengatasi masalah ringan.Yang kerap terjadi pada audio video mobil anda yang mengalami Head Unit error ;

USB tidak membaca
Banyak problem Head Unit error yaitu USB tidak mau membaca bukan karena head unit yang bermasalah tapi kesalahan pada penggunanya. Yakni pemilihan kapasitas flashdisc. Sering saya menjumpai orang memasang Flashdisk dengan kapasitas 4 sampai 8 GB. Bahkan ada yang membawa ekternal hard disc dengan kapasitas diatas 300GB. Alasanya mampu menyimpan lagu hingga filem Inilah yang membuat Head unit audio mobil anda tidak dapat membaca data.Karena saat flashdisc terhubung dengan USB, maka sistem akan membac secara menyeluruh Folser Folder di dalamya. dan itu membutuhkan daya dan memori yang besar pada head unit. Padahal USB pada mobil didesign hanya untuk membaca kapsitas yang tak terlau besar.Makanya muncul tulisan USB not support atau system Error. Paling aman gunakan Flashdisc dengan kapasitas 2 Giga. Karena memang Head unit tidak dapat menampung data yang besar untuk membaca.

Head unit mobil mati
Sebaiknya sebelum instalatur mengganti head unit standart dengan produk aftermarket,Test dahulu head unit konsumen.apakah semua masih berfungsi dengan baik.Hal ini pernah terjadi,pada saat instalatur mengganti Head unit mobil yang baru,namun pemilik mobil,tidak jadi membeli head unit baru.Karena ukuran double din tidak sesuai.Setelah dipasang head unit lama, ternyata mati.Kenapa bisa terjadi? Konsumen pasti menyalahkan instalatur.Sebab sebelum dipasang tadinya head unit masih hidup. Bagi pihak teknisi karena mereka memang mengerti,masalahnya hal itu disebabkan,melemahnya komponent dari head unit, Setelah kabel kelistrikan dicabut.head unit otomatis akan merestart kembali proses kelistrikan.Jika ternyata terdeteksi ada komponent elektronik yang kurang normal.Otomatis head unit tidak akan hidup kembali. Kesalahan bukan pada instalatur yang memasangnya. namun hal ini disebabkan karena head unit tersebut sudah melemah komponent atau kurang normal dibagian IC regulator. “Kerusakan pada perangkat head unit tersebut.bukan dari pemasangan” Hal ini setelah dibuktikan dengan memasang head unit baru tenyata hidup.

CD Skip
Masalah swlanjutnya pada Head Unit error yaitu CD Skip,sudah jamak ditmui dalam perjalan jauh.Pemicunya ada dua faktor internal Head unit ]dan ekternal [ Optic].Faktor internal karena mata optik tidak lancar membaca file pada CD atau DVD. Pemyebabnya kotor atau pengembunan karena kelembaban AC terus menyala.Solusinya bersihkan optik dengan Disc Cleaner. Penyebab kedua dari kualitas Disck. periksa apakah CD kotor. bisa juga dari kualitas DVD bajakan yang ketebalanya tidak standart.Kadang lebih tebal atau lebih tipis dari Disk orisinil[ 1,2 mm]Sehingga optik susah membaca Terakhir karena CD yang bergelombang akibat terjemur matahari atau kepanasan saat proses. penyimpanan dashboard.Karena bergelombang optik optik pun tidak bisa membaca dengan sempurna.

GPS mobil hang
Saat ini, sudah banyak head unit yang sudah dilengkapi navigasi.Bila GPS tiba tiba Hang.bisa disebabkan head unit terlalu panas karena durasi pemakaian terlalu lama.Apalagi jika beban head unit tak hanya menjalankan GPS tapi juga memutar Radio atau DVD yang terkoneksi dengan monitor head rest. Otomatis kerja head unit makin berat karena banyaknya resouece memory yang dibutuhkan. Penyebab berikut karena terganggunya sinyal GPS dengan satelit, Biasanya terjadi karena melewati spot yang menggangu penerimaan sinyal satelit.Misalkan melewati jalan yang penuh pepohonan yang menggangu receiver sinyal GPS Solusinya Matikan Head unit beberapa saat,. Lepaskan kartu memori SD card GPS, Lalu pasang kembali kartu SD Card GPS.Bila sudah dingin ,nyalakan kembali. Istilahnya di Restart. Setelah GPS hidup. Lalu Cari menu Set Up GPS, Pilih folder GPS jika pakai papago, yah pilih papago EXE. Maka Sinyal kan mencari lokasi.dan berfungsi kembali.

Speaker mobil mati
Speaker mobil mati,sangat komplek penyebabnya.Pertama harus dilihat,Sistem audio mobil menggunakn power amplifier atau tidak.Bila tidak menggunakn power,biasanya pada sistem perkabelan.Kabel terjepit pintu ataunkabel speaker nempel ke body. Bisa juga karena penyambungan tidak disolder.Makanya kadang nyambung kadang tidak yang berakibat hilangnya suara.Solusinya buka Door trim pintu dan periksa kabel speaker dan sambnu kembali jika terlepas ayau kurang rapi. Bila menggunakn power Problem justru di Power, Bila suara tiba tiba hilang biasanya karena power terlalu panas [ Overhead ].penyebabnya. Pembuangan panas pada amplifier tertutup barang. Ciri amplifier kepanasan adalah mati. lalu hidup lagi setelah dingin. disarankan jangan menutup lubang sirkulasi power amplifier di mobil.

TV headrest blank
Pada umunya Headrest Mobil, terkonekjsi dengan Head unit mobil. Untuk terhubung ada dua jenis kabel power sebagai sumber listrik dan kabel RCA untuk outout Video. Bila Headrest monitor mati total,bisa disebabkan sambungan power terputus, Tapi bila monitor menyala ,tapi tidak ada gambar maka masalahnya pada sambungan kabel video [ AV ]. Wajar jok penumpang dekat supir, kadang dimaju mundurkan. Hal ini,membuat sambungan kabel video kadang terlepas.Solusinya perhatikan sambungan RCA di bawah Jok. Bila putus sambung kembali biar lebih kuat tutup dengan solatip hitam.Tappi bila power hidup namun layar monitor tetap blank, Sudah dapat dipastikan bukan kabel terlepas, tapi kerusakan terjadi pada headrest monitot tersebut

(Braya News /wan#518)

ads

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here